#SahabatGTKPG, pada gambar piramida di sebelah kiri mengilustrasikan peran guru konvensional dalam sistem flipped (sistem terbalik). Pada konteks ini terjadi perubahan sistem top down menuju sistem bottom up untuk mendukung guru. Dalam sistem pembelajaran konvensional, pola komunikasi dan pengambilan keputusan bersifat hierarkis, dengan keputusan biasanya diambil oleh pihak atasan dan diteruskan ke bawah.
Dalam hal ini, guru sering kali ditempatkan dalam posisi yang pasif, hanya menerima arahan dari pemerintah pusat maupun daerah, yang dapat membatasi kreativitas dan inovasi mereka. Kondisi ini tidak mendukung implementasi Pembelajaran Mendalam.
Oleh karena itu, transformasi peran guru diperlukan khususnya pada kepemimpinan guru (teacher leadership) seperti yang divisualisasikan dalam gambar sebelah kanan, yang menunjukkan pola piramida terbalik. Peranan guru dalam implementasi Pembelajaran Mendalam adalah sebagai aktivator, pembangun budaya, dan kolaborator.
#PembelajaranMendalam
#KemendikdasmenRAMAH
#DitjenGTKPGKemendikdasmen